Minggu, 14 September 2008

Komite Anti-Monopoli

Melihat berita yang ada di bawah ini, menunjukkan Cina semakin teguh memegang prinsip ekonomi pasar, yaitu tidak adanya monopoli. Dengan adanya komite anti monopoli tersebut keberlangsungan pasar di Cina tidak lepas dari adanya peran negara. Negara masih memegang kekuasaan tertinggi untuk mengatur jalannya pasar. Pasar tidak dibiarkan bergerak semaunya dan seenaknya. Bahkan perusahaan tidak bebas untuk melakukan merger untuk meraih keuntungan yang lebih besar melalui jalan, yaitu monopoli. Berikut di bawah ini merupakan terjemahan berita terkait Komite Anti-Monopoli tersebut :

09:40, September 14, 2008

Komite Sentral telah mensahkan peraturan untuk Komite Anti-Monopoli di bawah kabinet Cina, berikut berita yang berasal dari komite tersebut

Peraturan Anti-Monopoli, yang akan berlaku mulai 1 Agustus, akan memfokuskan tidak hanya pada perlindungan dan memgasilitasi kompetisi, tetapi juga mendorong konsentrasi, akuisisi, dan merger untuk meningkatkan efisiensi dalam pasar. Hal itu juga akan mendorong perusahaan untuk menjadi lebih kuat dan kompetitif, dan pada saat yang sama, mencegah merger yang tidak pantas yang menuju pada monopoli.

Berdasarkan hasil rapat, Pelaksanaan hukum tersebut akan mengamankan keinginan dari seluruh investor, termasuk investor asing, dan mencegah merger yang "jahat" dari perusahaan dalam negeri oleh perusahaan asing pada saat yang sama, dan untuk lebih memastikan keamanan ekonomi negara.

Fungsi dari Komite Sentral Komite Anti-Monopoli adalah :

-- Mengatur investigasi dan penilaian pada situasi keseluruhan dari kompetisi pasar, dan membuat laporan,

-- membuat pedoman anti-monopoli,

-- melaksanakan peraturan.

Departemen-departemen pemerintahan di Cina telah diperintahkan untuk memformulasi peraturan tambahan untuk hukum tersebut dan mendirikan data pasar pada perdagangan yang berbeda-beda.

Sumber: Xinhua

http://english.peopledaily.com.cn/90001/90776/90785/6499139.html

Tidak ada komentar: