Minggu, 14 September 2008

"Kim kadang hilang kesadaran"

Saya tertarik dengan berita mengenai Kim Jong Il yang merupakan pemimpin Korea Utara, yang sampai saat ini diberitakan terkena stroke. Bagian kiri tubuhnya mengalami kelumpuhan dan berita terakhir kadang-kadang Kim tidak sadarkan diri. Banyak pengamat, terutama Korea Selatan yang merupakan tetangganya memberikan spekulasi bila presiden dari negara komunis tersebut wafat. Spekulasinya adalah akan terjadi vakum kekuasaan sesaat akibat perebutan kekuasaan yang dilakukan oleh anak-anaknya beserta para Jenderal-jenderalnya. Tetapi sampai berita ini diturunkan belum ada vakum kekuasaan di Korut. Di bawah ini merupakan cuplikan berita terakhir mengenai Kamerad Kim.

Minggu, 14 September 2008 | 22:13 WIB



TOKYO, MINGGU - Ditengah-tengah laporan baru-baru ini bahwa pemimpin Korea Utara Kim Jong Il jatuh pingsan dan sedang dalam tahap penyembuhan dari stroke atau pendarahan otak besar, sebuah harian Jepang, Minggu (14/9), melaporkan bahwa Kim kadang-kadang hilang kesadaran sejak April tahun ini.

Menurut Mainichi Shimbun, Kim terkadang jatuh pingsan di mejanya dan tidak dapat melakukan urusan-urusan penting Partai Buruh sebagaimana mestinya. Mengutip seorang pejabat China yang berhubungan dengan masalah Korea Utara, harian itu mengatakan bahwa penyakit Kim menjadi cukup serius pada musim panas tahun lalu ketika sejumlah organ vitalnya, termasuk ginjal dan jantung, mulai menunjukkan gejala tidak normal.

Kim, yang dikenal suka bekerja melebihi batas waktu, tidak dapat bekerja lembur sejak Mei dan Juni, ketika kondisinya menjadi lebih serius. Ketika para pejabat mulai menyadari jika pemimpin Korea Utara itu acapkali hilang kesadaran sejak April, tugas-tugasnya mulai dikurangi. Kim fokus menjalani proses penyembuhan hampir selama dua bulan, kata harian itu, untuk melakukan pertemuan dengan wakil presiden China Xi Jinping pada Juni.

http://kompas.com/read/xml/2008/09/14/2213135/kim.terkadang.kehilangan.kesadaran

Tidak ada komentar: